diskon perlengkapan menyusui

5 Efek Penggunaan Pompa ASI Bagi Ibu dan Bayi

Menjadi ibu merupakan anugerah terindah bagi wanita. Perempuan yang mendapatkan kesempatan menjadi ibu tentu akan menjadi orang paling bahagia di dunia. Setelah mengandung 9 bulan dan melahirkan anak, kemudian masuk ke masa menyusui. Pada periode menyusui, diskon perlengkapan menyusui sangat diperlukan untuk memenuhi berbagai peralatan yang digunakan pada masa tersebut.

Salah satu perlengkapan yang banyak diperlukan oleh ibu menyusui adalah pompa ASI. Terutama untuk ibu yang terkendala menyusui anak, bisa karena permasalahan ASI yang sulit keluar atau karena harus bekerja. Ketika ibu mengalami kendala ini, maka pompa ASI menjadi salah satu alat yang sangat dibutuhkan.

Efek Penggunaan Pompa ASI

Sebelum menggunakan pompa ASI ada baiknya, Anda mengetahui terlebih dahulu apa saja efek penggunaannya bagi ibu menyusui maupun bayi. Sebab selain memberikan efek positif untuk membantu proses menyusui, tapi juga dapat menimbulkan beberapa efek negatif berikut:

1. Bayi Bingung Puting

Beberapa ibu yang tidak dapat menyusui secara langsung biasanya mencari cara alternatif berupa memberikan ASI melalui botol dot. Untuk mendapatkan ASI, para ibu akan memompa ASI dan memasukkannya ke botol kemudian diberikan kepada bayi.

Cara ini memang dapat membantu, tapi di lain sisi juga bisa menyebabkan si kecil mengalami bingung puting, yaitu kondisi bayi tidak mengenali puting susu ibu sehingga tidak mau menyusu. Padahal seharusnya sejak lahir si kecil mengenali rasa, aroma, dan tekstur dari puting ibunya. Namun, karena tidak mendapatkan ASI langsung pengenalan ini tidak didapatkan.

2. Risiko ASI Terkontaminasi

Pompa ASI dapat mengakibatkan ASI terkontaminasi, karena pertama harus dimasukkan ke wadah pompa kemudian masuk ke dalam botol. Akan tetapi, risiko ini dapat diminimalkan dengan menggunakan produk berkualitas dan selalu menjaga kebersihan pompa serta botol.

Untuk mendapatkan pompa ASI dan botol dengan harga yang bersahabat dengan kantong, Anda bisa memanfaatkan diskon perlengkapan menyusui di toko perlengkapan bayi daring yang mudah ditemukan di internet.

3. Butuh Waktu

Menggunakan pompa ASI juga membutuhkan waktu untuk mengeluarkan ASI dari ibu sehingga harus dilakukan sebelum si kecil hendak menyusu. Anda bisa mempersiapkan beberapa botol di dalam kulkas dan ketika hendak digunakan tinggal dipanaskan saja.

4. Payudara Membengkak

Risiko penggunaan pompa ASI tentu saja ada. Salah satunya adalah payudara membengkak, sebab penggunaan pompa dapat memicu produksi ASI sehingga apabila tidak dikeluarkan akan menyebabkan payudara membengkak.

5. Sakit pada Payudara Ketika Memompa ASI

Efek samping lainnya yang sering terjadi adalah ibu mengeluhkan rasa sakit saat memompa ASI. Biasanya ini terjadi pada awal menyusui. Untuk itu, ibu perlu mengetahui dengan baik cara penggunaan. Terutama posisi peletakkan payudara agar meminimalkan rasa sakit.

 

Menjadi orangtua memang dapat dipelajari secara alami, tapi tidak ada salahnya untuk menambah pengetahuan melalui berbagai tips parenting yang dibagikan di artikel-artikel ibu dan anak. Selain mendapatkan berbagai informasi mengenai cara merawat anak dan menjadi orangtua, Anda juga bisa mendapatkan informasi mengenai diskon perlengkapan menyusui.

Related Posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *