5 Tips Aman Menggunakan Popok Sekali Pakai pada Newborn

Popok sekali pakai memang jadi andalan bagi para orang tua di zaman sekarang ini. Selain praktis popok jenis ini juga lebih bersih dan membuat bayi merasa lebih nyaman. Namun penggunaannya pada bayi baru lahir atau newborn harus sangat diperhatikan. Hal ini disebabkan oleh kondisi kulit newborn yang masih sangat sensitif dan lembut. Berikut adalah 5 tips aman pemakaian popok sekali pakai pada newborn.

1.             Pilih Popok Khusus Newborn

Tips pertama, pastikan Anda memakai popok sekali pakai yang memang khusus didesain untuk newborn atau bayi baru lahir. Saat ini ada banyak jenis atau pilihan popok yang beredar di pasaran. Setiap produk popok punya spesifikasinya masing-masing. Lebih disarankan untuk memilih jenis popok yang memang ditujukan untuk newborn. Biasanya sudah ada keterangan di label kemasan jika produk popok tersebut khusus dipakai oleh newborn.

2.             Sesuaikan Ukuran Popok

Selain memperhatikan label newborn, penting juga untuk mengecek label ukuran popok. Bayi baru lahir sebaiknya dijaga agar selalu merasa nyaman supaya bisa istirahat tenang dan tidak rewel. Salah satu caranya adalah dengan memakaikan popok dengan ukuran yang pas. Jangan sampai ukuran popok terlalu besar atau terlalu kecil hingga membuat bayi merasa tidak nyaman dan akhirnya malah jadi rewel.

Untuk bayi newborn, tidak semuanya cocok memakai ukuran XS atau S. Ada juga beberapa bayi yang terlahir dengan berat badan lebih besar dari newborn pada umumnya. Jika berat dan ukuran badannya lebih besar maka secara otomatis ukuran popok yang digunakan juga sebaiknya lebih besar.

3.             Pastikan Bahannya Lembut

Sangat penting untuk memastikan bahwa popok tersebut terbuat dari bahan yang lembut. Cobalah cek bahan yang digunakan pada bagian dalam popok. Bagian tersebut akan bersentuhan langsung dengan kulit si kecil yang sensitif. Jauh lebih baik memilih popok dengan bahan lembut untuk memperkecil risiko iritasi dan membuat si kecil merasa lebih nyaman.

4.             Ganti Sesering Mungkin

Demi menghindari iritasi, cobalah untuk mengganti popok sesering mungkin. Ingat, kulit newborn sangat mudah mengalami iritasi. Apalagi jika popok dipakai terlalu lama. Bakteri yang ada di popok bisa terus berkembang biak dan menyebabkan iritasi kulit. Apalagi intensitas buang air kecil dan besar newborn terbilang tinggi. Paling tidak lakukan penggantian setiap 3 jam sekali.

5.             Jaga Kelembapan Area Pantat

Pastikan area pantat selalu terjaga lembap. Jika kondisi kulit pantat kering maka risiko iritasi akan lebih besar. Setelah membilas pantat, pastikan kulit kering dulu kemudian aplikasikan sedikit pelembap atau krim pencegah ruam. Baru setelah itu pakaikan popok kepada si kecil agar kulitnya selalu lembap.

Popok sekali pakai yang cocok untuk bayi newborn bisa Anda dapatkan di Orami. Orami jual Merries sebagai salah satu produk popok yang berkualitas dan aman digunakan untuk si kecil. Selain itu Anda juga bisa beli peralatan bayi lainnya secara mudah dan praktis di Orami.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.