manfaat kelor

7 Manfaat Rahasia dari Daun Kelor untuk Wanita

Daun kelor dikenal sejak dahulu sebagai tumbuhan obat-obatan yang memiliki beragam khasiat. Kelor bisa ditemukan dengan mudah khususnya di Indonesia karena ia bisa tumbuh dan tahan terhadap dengan segala cuaca. Manfaat daun kelor juga berperan untuk wanita baik kecantikan maupun kesehatan tubuh. Penasaran apa saja? berikut informasi lengkapnya.

 

Ragam Manfaat Daun Kelor untuk Wanita

  1. Mengurangi diabetes saat hamil

Diabetes gestasional merupakan salah satu jenis diabetes yang dialami ibu hamil karena terlalu banyak mengkonsumsi makanan dengan kadar gula tinggi. Akibatnya membuat berat badan ibu meningkat namun tidak dengan si janin. Untuk mengatasinya, ibu hamil bisa mengkonsumsi daun kelor untuk mengurangi kadar gula darah dan lipid sehingga tidak mengganggu pertumbuhan janin.

 

  1. Meningkatkan kesehatan syaraf dan otak saat hamil

Manfaat daun kelor berikutnya yakni dapat meningkatkan kemampuan syaraf dan otak pada kehamilan. Kandungan vitamin C dan E pada daun kelor yang tinggi dapat membantu menyeimbangkan dan mengurangi fungsi syaraf dan otak. Selain itu, mengkonsumsi daun kelor dapat meningkatkan mood dan mengurangi risiko baby blues yang dialami ibu setelah melahirkan.

 

  1. Menjaga sirkulasi darah dan mengurangi risiko anemia

Daun kelor yang kaya akan nutrisi juga mengandung zat besi sekitar 7mg. Zat besi ini memiliki peran untuk meningkatkan hemoglobin yang dapat menyebabkan anemia pada ibu hamil. Daun kelor juga baik dikonsumsi oleh ibu hamil karena bisa melancarkan sirkulasi darah dalam tubuh sehingga ibu dan janin jauh lebih sehat.

 

  1. Memperbaiki energi yang dibutuhkan seorang ibu hamil

Mengonsumsi daun kelor saat hamil juga dapat meningkatkan energi. Seperti yang diketahui bahwa kebanyakan ibu hamil menjadi tidak bertenaga, lemas dan malas bergerak, apalagi saat trimester awal. Oleh karena itu, sebaiknya ibu hamil mengonsumsi daun kelor baik dalam bentuk teh, jus maupun diolah menjadi sayur agar lebih berenergi saat beraktivitas.

 

  1. Mengurangi risiko kelainan janin

Manfaat daun kelor untuk wanita selanjutnya yaitu dapat mengurangi risiko terjadinya kelainan pada janin. kandungan senyawa flavonoid, polifenol serta asam askorbat dalam daun kelor dapat mencegah terjadinya kelainan dan kerusakan DNA pada janin. Selain itu, daun kelor juga bermanfaat untuk mencegah infeksi dan terjadinya cidera dan kerusakan pada bagian tubuh ibu.

 

  1. Memperbagus daya tahan tubuh utamanya ibu yang sedang hamil

Saat mengandung ibu hamil cenderung mudah lelah dan sering mual. Selain disebabkan oleh janin, hal tersebut juga diakibatkan oleh menurunnya daya tahan tubuh sehingga ia rentan terserang penyakit.

Daun kelor mengandung antioksidan untuk menjaga daya tahan tubuh tetap prima dan terhindar dari serangan penyakit. Ibu hamil tidak bisa sembarang mengonsumsi makanan sehingga sangat direkomendasikan untuk mengolah daun kelor sebagai sayur yang juga dimasak dengan bahan segar lainnya dan dapatkan berbagai sayur dan bahan segar tersebut hanya di tanihub.com.

 

  1. Melancarkan ASI

Dan manfaat terakhir dari daun kelor yakni mampu memperlancar dan meningkatkan produksi ASI pada ibu menyusui. Selain daun katuk, kelor juga dapat bisa menjadi solusi ketika ASI yang tidak keluar atau lancar. Sebaiknya konsumsi daun kelor yang masih muda karena selain membantu lancarkan ASI, ia juga membantu tumbuh kembang sang bayi.

Itulah beragam manfaat daun kelor untuk wanita hamil dan menyusui. Untuk mendapatkan daun keolor dengan kualitas segar langsung dari petani kamu dapat membelinya di tanihub.com. Situs ecommerce yang focus menjual hasil pertanian petani local.

 

Related Posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *