Pahami 4 Cara Simpel Mengatasi Pipa Air Tersumbat

Pahami 4 Cara Simpel Mengatasi Pipa Air Tersumbat

Pipa air tentu saja merupakan sebuah peralatan yang dibutuhkan untuk melancarkan sanitasi air masyarakat terutama untuk kebutuhan rumah tangga. Untuk mendapatkan pipa dengan harga terbaik tentu anda bisa membeli dari merk terbaik pula agar tidak terjadi masalah di kemudian hari. Seperti diketahui, pipa yang kurang berkualitas atau yang sudah lama masa pakainya biasanya mengalami beberapa kondisi kerusakan.

Salah satunya yaitu pipa yang mudah tersumbat. Jika pipa sudah mengalami masalah ini, akan sangat mengkhawatirkan karena kelancaran air bersih di rumah jadi terhambat. Untuk itu perlu penanganan dengan empat cara simple untuk memperbaiki pipa yang macet.

Cara Simpel Perbaiki Pipa yang Macet

1.    Campuran Soda Api Dan Air Panas

Ternyata memperbaiki pipa air bersih yang macet bisa dilakukan dengan beberapa bahan yang mudah ditemukan di rumah. Salah satunya yaitu dengan menggunakan soda api. Untuk pemanfaatannya juga sangat mudah. Yaitu dengan mempersiapkan beberapa syarat.

Langkah pertama dengan menggunakan air panas agar bisa melihat reaksi soda api. Jangan lupa untuk menggunakan peralatan yang safety yaitu sarung tangan dan juga masker wajah. Hal ini untuk meminimalisir efek bahaya yang terjadi karena soda api, seperti diketahui jika soda api terkena kulit bisa membuat kulit anda jadi melepuh.

Selanjutnya soda api dituangkan ke pipa yang sudah bercampur dengan air panas. Ketika larutan tersebut dimasukkan ke pipa, pipa sanitasi tidak boleh digunakan terlebih dahulu selama 6 jam. Proses ini sebenarnya adalah pembersihan kotoran yang membuat pipa jadi tersumbat dengan soda api. Jika sudah lewat 6 jam siram pipa dengan air mengalir yang dilakukan terus-menerus hingga pipa tidak macet lagi.

2.    Pemakaian Minuman Bersoda

Selain pemanfaatan soda api, memperbaiki pipa air yang macet bisa juga dengan minuman bersoda. Tuangkan minuman bersoda ke dalam pipa setidaknya 2 liter. Lalu biarkan soda dari minuman bekerja setidaknya 2 jam untuk tidak dilakukan penggunaan pipa.

Setelah 2 jam didiamkan, Anda bisa membilas pipa yang sudah dituangi soda tadi dengan air mengalir. Proses ini cara kerjanya sama yaitu mengurangi kotoran pada pipa agar sanitasi air tidak macet kembali.

3.    Campuran Cuka Dan Baking Soda

Selanjutnya ada percampuran antara cuka dan baking soda yang bisa dimanfaatkan untuk mengatasi pipa macet. Sebelumnya campuran baking soda dan air panas,   disatukan dalam sebuah ember atau wadah lainnya lalu langsung tuangkan ke pipa.

Selanjutnya Anda harus menutup ujung pipa dengan karet ataupun alat penutup lainnya, sebaiknya ditutup rapat. Proses ini akan bekerja selama beberapa menit.

Selanjutnya kembali masukkan campuran baking soda air panas dan cuka ke pipa. Tunggu reaksinya, dengan mendengarkan bunyi bunyi di pipa. Saat bunyinya sudah menghilang tandanya Anda tinggal di las pipa dengan air panas. Cara ini bisa dilakukan hanya 2 bulan sekali. jangan terlalu sering melakukannya karena tentu saja bisa merusak bagian pipa.

4.    Pemakaian Pasir Kasar Bangunan

Anda juga bisa memanfaatkan pasir kasar untuk membuat pipa air bersih kembali. pipa yang macet bisa diperbaiki dengan penggunaan pasir kasar untuk bahan bangunan. Caranya juga sangat mudah dan simpel yaitu masukan2 genggam pasir kasar ke pipa air.

Proses ini mampu membuat pipa jadi bersih sehingga tidak macet. Selain pasir kasar perlu adanya selang kompresor. Masukkan selang kompresor ke pipa lalu tutup lubangnya, selanjutnya Anda harus mengatur tekanan tinggi pada kompresor kemudian penutupnya buka kembali. Hal ini bisa membantu kotoran dari pipa terangkat.

Demikian beberapa tips untuk solusi pipa air bersih tidak tersumbat lagi. Nah untuk mendapatkan pipa sanitasi air bersih dengan kualitas terbaik yang bisa digunakan untuk jangka panjang Anda bisa memilih dari merk berkualitas Rucika. Rucika hadir di tengah-tengah masyarakat sejak dahulu kala untuk membantu solusi sanitasi air bersih Indonesia. Jika Anda penasaran terhadap produk yang dikembangkan, kemudian katalog harganya Anda bisa mengunjungi website resminya di www.rucika.co.id

Related Posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *