pertanyaan seputar asuransi

Pertanyaan Seputar Asuransi Paling Penting, Wajib Teredukasi Sebelum Beli

Jika kamu belum pernah mempunyai asuransi, maka untuk membelinya kamu pasti kebingungan. Apalagi untuk menentukan asuransi mana yang tepat dan bisa mengcover semua kebutuhanmu. Karena untuk menentukan asuransi mana yang kamu butuhkan, kamu perlu teredukasi sebelum membeli.

Nah berikut ini ada pertanyaan seputar asuransi dasar yang harus kamu pahami sebelum nanti membeli produknya.

Beberapa Pertanyaan Seputar Asuransi yang Harus Diketahui Pemula

Asuransi merupakan sebuah layanan yang diberikan oleh perusahaan asuransi kepada nasabah atas kerugian yang dialaminya. Nah layanannya juga ada banyak, ada asuransi mobil, asuransi motor, asuransi hewan peliharaan, asuransi perjalanan, asuransi kesehatan dan sebagainya. Nah kebanyakan kamu yang masih pemula, bingung akan perlindungan seperti apa yang kamu inginkan.

Adapun berikut ini pertanyaan seputar asuransi yang paling sering ditanyakan, dengan berbagai pertanyaan ini harapannya nanti kamu bisa mendapatkan asuransi dengan perlindungan yang maksimal.

  • Apa manfaat punya asuransi?

Asuransi mempunyai banyak manfaat diantaranya bisa memberikan ketenangan dan rasa aman terhadap aset yang dilindungi. Selain itu sebagai tabungan dan investasi, meminimalisir kerugian akibat aset yang rusak atau butuh perbaikan, dapat memberi kepastian dari suatu kondisi yang merugikan, dan sebagainya.

  • Bagaimana cara pemilihan asuransi yang kamu butuhkan?

OJK memberikan beberapa tips memilih asuransi agar sesuai dengan kebutuhan. Diantaranya kamu jangan memilih sebuah produk asuransi hanya karena promo ataupun tawaran hadiah. Kemudian pilih yang paling sesuai dengan kebutuhanmu, pilih premi yang mampu kamu bayarkan tiap bulannya. Jika masih bingung konsultasi dengan pihak asuransi, gunakan jasa agen asuransi yang memang sudah bersertifikat untuk menghindari penipuan.

Selain itu cek track record dari perusahaan asuransi, bandingkan produk asuransi dari perusahaan yang berbeda dan jangan lupa cek kualutas jasa asuransi tersebut. Jangan sampai kamu salah pilih dan menimbulkan kerugian untuk kamu sendiri.

  • Berapa premi yang harus dibayarkan dan lama kewajiban pembayaran premi?

Harga premi dari berbagai perusahaan asuransi biasanya tergantung dari jenis aset yang kamu asuransikan. Kemudian alat transportasi yang digunakan untuk mengangkut aset tersebut. Selain itu kondisi aset dan cara penyimpanannya saat proses pengangkutan.

Sedangkan untuk asuransi jiwa biasanya besar premi akan dipengaruhi oleh usia tertanggung, ada kebiasaan merokok atau tidak, riwayat kesehatan, riwayat pekerjaan, masa pertanggungan dan jumlah uang pertanggungan yang kamu dapat.

  • Jika telat bayar premi, maka apa yang terjadi?

Jika kamu telat membayar premi pada waktu jatuh tempo, maka nantinya akan ada beberapa akibat yang akan kamu dapat. Diantaranya status kepesertaan akan ditangguhkan, status kepesertaan akan di nonaktifkan, terkena denda, klaim tertolat, dan nilai investasi tidak berkembang dengan baik.

Namun sebelum itu biasanya pihak asuransi akan memberikan masang tunggu atau masa tenggang. Di waktu inilah kamu diberikan kesempatan untuk mempertahankan asuransi yang kamu beli, sedangkan jika tidak kamu respon maka besar kemungkinan statusmu akan dinonaktifkan.

  • Apa manfaat asuransi pada kondisi finansialmu?

Umumnya, dengan asuransi keuangan kamu akan dikembalikan ke posisi awal sebelum terjadinya risiko yang berdampak pada finansialmu. Sehingga keuanganmu tidak akan terganggu saat kondisi yang tidak diinginkan itu benar terjadi.

Itulah beberapa pertanyaan seputar asuransi yang paling sering ditanyakan mereka yang masih pemula. Dengan demikian, harapannya kamu bisa memilih asuransi yang tepat sesuai kebutuhan dan kamu bisa memanfaatkannya secara maksimal untuk menjaga kondisi finansial tetap optimal.

Related Posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *