konsultasi dokter

Tips Saat Kamu Akan Konsultasi Dokter di Aplikasi Kesehatan

Konsultasi dokter secara online melalui aplikasi kesehatan yang tersebar di Indonesia merupakan langkah yang tepat di era pandemi ini. Mengingat kamu sebagai pasien membutuhkan pelayanan dari dokter secara tepat agar segera terpecahkan masalah kesehatan yang kamu alami. Dan dengan adanya pembatasan mobiliasi adanya layanan konsultasi dokter online adalah yang paling dibutuhkan masyarakat.

Namun mengingat banyaknya aplikasi kesehatan yang telah beredar di masyarakat ada baiknya kita jeli memilihnya. Karena bisa jadi kamu malah tidak memperoleh solusi kesehatan yang kamu butuhkan dan secara waktu akan terbuang secara sia-sia.

Nah kali ini kami akan menunjukkan pada kalian apa saja yang perlu kalian pastikan sebelum melakukan konsultasi dokter. Agar kalian bisa mendapatkan pelayanan yang terbaik dan sesuai dengan kondisi kesehatan yang kalian alami.

Lakukan Beberapa Tips Berikut Sebelum Konsultasi Dokter Secara Online

Kebutuhan kita untuk segera konsultasi dokter mengenai kondisi kesehatan amatlah genting. Apalagi jika kamu mempunyai gejala yang mengindikasikan Covid-19, dimana membutuhkan penanganan yang cepat dan tepat. Nah sebelum kamu memutuskan untuk memeriksakan kondisi ke fasilitas kesehatan terdekat ada baiknya lakukan konsultasi dokter secara online. Namun perhatikan beberapa poin berikut agar konsultasi bisa menghasilkan hasil yang maksimal.

  • Data Riwayat Penyakit

Data ini sangat penting loh ketikan konsultasi kamu lakukan secara online dengan dokter, apabila kamu belum mempunyai arsip riwayat penyakit aplikasi kesehatan tersebut maka jelaskan saja pada dokter. Jika sudah lakukan booking jadwal dengan dokter sesuai dengan waktu yang kamu inginkan untuk proses konsultasi dokter. Jelaskan pada dokter yang menangani kamu secara online mengenai riwayat kesehatan tersebut.

  • Obat yang Pernah Dikonsumsi

Saat kamu akan melakukan konsultasi dokter jangan lupa juga menjelaskan obat-obatan kimia apa yang telah kamu konsumsi. Dengan langkah seperti ini dokter online akan lebih bijak dalam mengambil tindakan perawatan yang diperlukan.

Karena dengan kamu hanya menjelaskan kondisimu tanpa menceritakan riwayat penyakit maupun obat yang telah kamu konsumsi maka penanganan akan kurang maksimal. Dokter pun tidak bisa memberikan resep yang tepat maupun tindakan yang tepat apabila tidak mendapatkan penjelasan tersebut.

  • Alat Pemeriksaan

Sebagai peralatan P3K di rumah kamu juga harus menyediakan berbagai alat pemeriksaan yang mana bisa kamu jadikan bahan untuk konssultasi dokter. Mulai dari alat pengukur tekanan darah, saturasi oksigen, pengukur temperature tubuh dan lain sebagainya. Dengan hasil pengukuran tersebut seorang dokter pasti lebih bisa memberikan diagnosa secara tepat meskipun online. Bahkan dengan hasil tersebut dokter juga bisa memberikan rekomendasi perawatan atau keperluan bertemu dokter langsung untuk pemeriksaan lebih lanjut.

  • Hindari Diagnosa Sendiri

Yang perlu kamu lakukan adalah menceritakan riwayat, hasil pemeriksaan mandiri, obat yang telah kamu konsumsi saja. Kamu jangan melakukan diagnosa sendiri terhadap apa yang kamu alami, biarkan dokter melakukan analisis terhadap kondisimu. Dengan begitu dokter bisa memberikan saran pengobatan yang tepat untuk kamu maupun keluarga kamu ya.

  • Jujur

Dalam proses konsultasi dokter harus kita dasari dengan informasi yang jujur. Dimana  hal ini akan lebih memberikan dampak yang baik untuk hasil pemeriksaan yang lebih akurat. Sehingga dokter bisa mengambil tindakan yang tepat, misal memberikan resep obat yang tepat dan aktivitas yang dianjurkan. Seperti jika kamu menunjukkan gejala Covid-19 maka kamu harus banyak-banyak melakukan proning untuk melatih proses pernapasan kamu.

Itulah tadi beberapa tips yang pasti kamu perlukan sebelum konsultasi dokter. Namun yang perlu juga kamu lakukan terlebih dahulu adalah pastikan kamu memilih aplikasi kesehatan seperti Rey.id yang terpercaya dan bisa memberikan pelayanan terbaik yang kamu butuhkan.

Related Posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *